3/30/2015

PERJAMUAN SEBELUM PASKAH


Enam hari sebelum Paskah Yesus datang ke Betania, tempat tinggal Lazarus yang dibangkitkan Yesus dari antara orang mati. (Yoh 12, 1)

Markus dan Matius memberi kesan seakan-akan perjamuan di Betania ini terjadi dua hari sebelum pesta Paskah, bukan enam hari
"Kamu tahu, bahwa dua hari lagi akan dirayakan Paskah, maka Anak Manusia akan diserahkan untuk disalibkan." (Mat 26, 2)
Hari raya Paskah dan hari raya Roti Tidak Beragi akan mulai dua hari lagi. (Mrk 14, 1).
Para penginjil juga tidak sepakat tentang tanggal pesta Paskah. Ketika Yohanes menyatakan bahwa Yesus mati pada malam sebelum pesta Paskah (Hari itu ialah hari persiapan Paskah, kira-kira jam dua belas. Kata Pilatus kepada orang-orang Yahudi itu: "Inilah rajamu!" - Yoh 19, 14), ketiga penginjil lain mengatakan bahwa Perjamuan Terakhir terjadi tepat pada hari orang-orang Yahudi merayakan pesta Paskah (Pada hari pertama dari hari raya Roti Tidak Beragi, pada waktu orang menyembelih domba Paskah, murid-murid Yesus berkata kepada-Nya: "Ke tempat mana Engkau kehendaki kami pergi untuk mempersiapkan perjamuan Paskah bagi-Mu?”. – Mrk 14, 12)
Menurut satu tradisi yang sangat kuno yang masih dipertahankan oleh banyak gereja timur, bisa jadi Yesus merayakan Perjamuan Akhir bukan pada hari Kamis, melainkan pada hari Selasa. Maka sidang pengadilan-Nya berlangsung selama dua hari, yaitu hari Rabu dan Kamis. Skenario ini lebih masuk akal dari pada membayangkan bahwa semua sesi sidang pengadilan Yesus terjadi pada satu hari Jumat pagi. Yesus mati pada hari Jumat, seperti ditegaskan oleh semua teks.
Ketidak-cocokan ini bisa dijelaskan sebagai berikut :
Pesta Paskah dirayakan sesuai dengan terbitnya bulan baru yang tidak dapat ditentukan tanggalnya, dan tidak juga ditetapkan menurut kriteria yang sama oleh setiap orang. Maka, pada tahun-tahun tertentu beberapa kelompok agama merayakannya tiga hari sebelum yang lain. Yesus bisa saja merayakan pesta Paskah pada malam Rabu, sementara mayoritas orang Yahudi merayakannya pada malam Sabtu.
(Kitab Suci Komunitas Kristiani – Edisi Pastoral Katolik)

Tidak ada komentar: