6/30/2008

HOTMATILAH TABIB

Hormatilah tabib sebagaimana mestinya, sebab ia kaubutuhkan, oleh karena iapun diciptakan Tuhan juga. Memang penyembuhan datang dari Yang Mahatinggi, dan sebagai pemberian diterima dari Raja. Namun kepandaian seorang tabib meninggikan kepalanya, dan di hadapan para pembesar ia dikagumi.
Tuhan menciptakan obat-obatan dari bumi, dan tidak diabaikan oleh orang yang arif. Bukankah air menjadi tawar karena sepotong kayu, sehingga dayanya menjadi nyata?
Tuhan memberikan kepada manusia pengetahuan, supaya dimuliakan karena pekerjaan-pekerjaan-Nya yang ajaib. Dengannya tabib menyembuhkan dan melenyapkan derita, dan juru obatpun mengolah campurannya. Dengan demikian pekerjaan Tuhan tak pernah berhenti, dan kesejahteraan dipertahankan di bumi.
Anakku, kalau jatuh sakit janganlah berayal-ayalan. Berdoalah kepada Tuhan, niscaya engkau disembuhkan-Nya. Jauhilah yang salah dan tanganmu hendaknya lurus, dan bersihkanlah hatimu dari segala dosa. Hendaklah mempersembahkan korban harum-haruman dan korban peringatan dari pati tepung, serta minyak tuangan sesuai dengan kemampuanmu. Tetapi berikanlah tempat kepada tabib juga, sebab iapun diciptakan Tuhan, janganlah tabib jauh dari padamu, sebab kaubutuhkan pula. Adakalanya kesehatan terletak di tangan tabib. Mereka juga berdoa kepada Tuhan, semoga Ia menganugerahkan keringanan penyakit serta penyembuhan akan keselamatan hidup.
(Sir 38, 1-14)

Tidak ada komentar: