6/27/2008

Memberi Dari Kekurangannya

Suatu hari ada seorang pria datang kepadaku dan berkata : “Ibu, ada satu keluarga Hindu dengan delapan anak, mereka sudah lama tidak makan, lakukanlah sesuatu untuk mereka.”
Aku lalu mengambil sedikit beras dan segera berangkat. Ketika aku sampai di rumah mereka, aku dapat melihat kelaparan di mata anak-anak itu. Mata mereka bercahaya dalam kelaparan. Kuberikan beras itu kepada ibu mereka, ibu itu mengambilnya, kemudian membagi dua bagian beras yang kubawakan itu. Kemudian ia keluar, dan ketika ia kembali aku bertanya kepadanya : “Kamu pergi ke mana ?” dan ia berkata : “Mereka juga lapar.”
Rupanya tetangganya juga kelaparan !
Yang sangat menyentuh hatiku adalah bukan karena ia memberikan beras itu, tetapi bahwa ia tahu, tetangga mereka juga lapar, karena itu ia membaginya. Aku tidak membawakan lebih banyak beras malam itu, dan aku menunggu hingga pagi berikutnya agar mereka mendapatkan pengalaman bergembira dalam berbagi dan mengasihi.
Cinta, sebenarnya harus sampai menyakitkan, dan wanita yang kelaparan itu tahu, bahwa tetangganya juga kelaparan, kebetulan keluarga tetangganya itu Muslim !
Kenyataan yang sungguh-sungguh menyentuh hati, sungguh-sungguh nyata.

Sumber : Ibu Theresa, Karya Dan Orang-Orangnya
Oleh : Yohanes Bosko Beding SVD

Sebab mereka semua memberi dari kelimpahannya, tetapi janda ini memberi dari kekurangannya. (Mrk 12: 44)

Tidak ada komentar: