10/05/2009

ANTONIUS DARI PADUA BERKHOTBAH



Antonius dari Padua, bejana Roh Kudus yang mengagumkan itu, merupakan salah seorang dari murid dan sahabat terpilih Fransiskus. Fransiskus biasa memanggil dia “Uskupku”.
Antonius ini pernah berkhotbah dalam sidang badan pimpinan Gereja, di depan Paus dan para Kardinal. Orang-orang dari berbagai bangsa hadir pada sidang ini, orang Yunani, Latin, Perancis, Jerman, Silvia, Inggris dan sebagainya. Antonius yang dikobarkan oleh Roh Kudus, mengkhotbahkan Sabda Allah dengan begitu meyakinkan dan mendalam, dengan amat jelas dan gemilang.
Semua yang hadir dalam sidang itu, walaupun berbicara dengan berbagai macam bahasa, memahami segala yang dikatakannya dengan jelas dan mendalam, seakan-akan ia berbicara dalam bahasa asal mereka. Mereka amat heran, seolah mukjizat Pentakosta diperbarui, mereka berkata satu kepada yang lain dengan keheran-heranan, “Bukankah Pengkhotbah ini datang dari Spanyol ? Bagaimana mungkin setiap orang di antara kita mendengar bahasa daerah kita sendiri, ketika ia berbicara ?” Juga Paus, sambil merenungkan dan mengagumi dalamnya khotbah Antonius berkata, “Saudara ini sesungguhnya peti perjanjian dan kutu kitab suci.”
(Fioretti – kuntum-kuntum kecil)

Tidak ada komentar: